BERITA

  • Menimba Semangat Pahlawan Bangsa, MA Model Selenggarakan Field Trip di Museum Brawijaya

    Menimba Semangat Pahlawan Bangsa, MA Model Selenggarakan Field Trip di Museum Brawijaya

    Pada tanggal 5 April 2018 bertepatan hari Kamis Madrasah Aliyah Model Zainul Hasan Genggong Pajarakan Probolinggo mengadakan kunjungan (Field Trip) ke Museum Brawijaya dan Jatim Park I. Dengan mengendarai tiga bus, saat fajar menyingsing rombongan memulai perjalanan dengan diiringi seruan sholawat di setiap bus. Sesuai arahan Ustadzah Ulfa Riza Umami, S.Pd, selaku koordinator kegiatan ini, dua bus pertama diisi oleh santri puteri dan asatidz dari kelas X dan kelas  XI. Sedangkan bus terakhir berisikan santri putera dari kelas X dan XI. 

    Seusai mereka menempati tempat duduk di bus berdasarkan nomor yang diintruksikan oleh ketua panitia. Rombongan berangkat ke Museum Brawijaya dan Jatim Park I seperti yang sudah direncanakan. Setibanya di Museum Brawijaya, santri begegas mengamati sejarah para pahlawan yang telah memperjuangkan bangsa ini, alat-alat persenjataan, kronologi terbunuhnya Jendral Mallaby di Surabaya, peta serangan dari belanda, gerbong maut, dan lain-lain dengan bimbingan pendamping kelompok masing-masing. Bersamaan dengan itu santri juga mulai mengisi buku tugas observasi yang telah disediakan oleh madrasah dengan menulis beberapa keterangan dari objek sejarah di Museum Barawijaya. Setibanya di Batu, santri bergantian mengamati alat-alat peraga IPA yang berlokasi di area edukasi di rute utama Jatim Park beserta berbagai miniatur budaya se-Indonesia, flora, fauna, sejarah kebudayaan, sejarah walisongo, biokimia, fisika, geografi,  dan masih banyak yang lainnya.

    Tujuan adanya kunjungan atau observasi (Field Trip) adalah belajar dari sejarah untuk mengenang jasa para pahlawan dan membangun karater Santri Madrasah Aliyah Model Zainul Hasan Genggong. Ust. Huda, pengampu mapel sejarah menuturkan “Santri bisa mengetahui dari berbagai bentuk objek sejarah yang ada di museum sebagai bentuk atau sebagai bukti dari pada perjuangan pahlawan bangsa Indonesia dalam melawan penjajah. Santri juga dapat mengambil manfaaatnya dari nilai-nilai perjuangan bangsa dalam merebut kemerdekaan Indonesia.”

    Ustadzah Ulfa Riza Umami, S.Pd.I sebagai ketua panitia field trip berpendapat bahwa kegiatan ini berperan penting bagi santri yang ingin mengasah pengetahuan atau mengembangkan wawasannya dalam bidang Ilmu pengetauan alamnya, ilmu pengetahuan sosialnya, serta memetik banyak pelajaran sejarah/kisah-kisah para pahlawan, para pejuang yang telah mendahului kita, memerdekakan bangsa ini.

    Field Trip to Brawijaya ini merupakan suatu momentum bagi santri yang ingin mengetahui sejarah dan memperluas pengetahuannya diluar sana, sehingga mereka ingat akan sejarah yang telah mereka ketahui serta menerapkan pengetahuan-pengetahuan yang telah mereka dapatkan didapatkan di bangku madrasah.  


    Penulis : Farid Wahyudi
    Editor : K. Roziqin

     

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks