MENU

Mempertajam Visi Madrasah, Jalin Silaturrohim Dengan Wali Santri

Mempertajam Visi Madrasah, Jalin Silaturrohim Dengan Wali Santri

GENGGONG - “Selamat datang dikeluarga besar Madrasah Aliyah Model Hafshawaty Zainul Hasan Genggong”.

Paparan tersebut disampaikan oleh Kepala Madrasah Aliyah Model Hafshwaty Zainul Hasan Genggong, Ning Hj. Hasanatud Daroini,S.Pd.I, pada acara rapat wali santri kelas X dan kelas XII dengan segenap Pimpinan dan Wali Kelas masing-masing, ahad (27/8/2017). Dalam sambutannya, Beliau berharap agar wali santri berperan aktif dalam mengotrol dan mendukung proses belajar mengajar santrinya yang di “titipkan” di MA Model Hafshawaty Zainul Hasan Genggong. “Semoga semua santri yang belajar di MA Model menjadi anak yang sholeh dan sholehah, dan di terima di perguruan tinggi yang di harapkan” sambung beliau. Pada rapat kali ini, Putri kedua Ketua Yayasan Hafshawaty yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong, KH. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah, SH.MM, itu mengajak semua Wakil Kepala Madrasah, Wali Kelas sepuluh dan dua belas serta Wakil Kelapa Madrasah Kesiswaan yang baru, Ustad Fathur Roziqin, SS.

Sejak jam 08.45 WIB, wali santri mulai nampak berdatangan, ustadzah Anis Indra Wardani dan ustadzah Yayang Erhaniyati yang di amanahi menjadi penerima tamu dan distribusi konsumsi, mulai sibuk menyiapkan lembar daftar hadir dan mempersilahkan tamu wali santri masuk ruangan. “wali santri kelas berapa buk, di kolom nomer dua nggih” sambut ustadzah Uun, pangilan sehari-hari ustadzah Anis Indra Wardani.  Setelah undangan yang hadir mencapai 2/3 dari jumlah wali santri yang di undang, acara di mulai. Ustadzah Siti Nur Kamala Irawati,SS. yang di dapuk sebagai Pembawa Acara, membacakan susunan acara kegiatan rapat pagi ini. Di mulai dengan pembacaan ayat suci alquran, sambutan Kepala Madrasah, penyampaian program madrasah oleh Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum dan tanya jawab serta di tutup dengan doa, yang di amanahkan kepada Ustad Taufiq Hidayatullah, SS. Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas.

Ustad Agus Supriyanto, M.Pd.I, dalam pemaparan program madrasahnya menyampaikan bahwa, tahun ajaran 2017/2018 Madrasah Aliyah Model Hafshawaty Zainul Hasan Genggong mengembangkan program bahasa arab, bahasa inggris dan kitab kuning. Sehingga, santri bukan saja mampu bersaing dalam bidang akademik sesuai target kurikulum Madrasah, tetapi juga mampu mengasah kemampuan dalam bidang bahasa arab dan bahasa inggris, sesuai basic madrasah. Dan terampil dalam membaca kitab kuning. “harapannya, dengan program ini santri mampu menjalankan program madrasah dan mengembangkan” ucap ustad Agus. Ustad yang saben harinya memakai kaca mata ini melanjutkan, bahwa menjalankan program yang menjadi harapan pengasuh pesantren itu membutuhkan konsentrasi dan berkelanjutan (kontiniuitas), makanya, dukungan dan kepercayaan dari wali santri menjadi salah satu faktor sukses program tersebut. “kami harap wali santri berperan aktif mendukung program ini” ajaknya.

Selanjutnya, ustad asli Ponorogo ini juga menyampaikan program tahun sebelumnya yang masih aktif berjalan, yaitu tahfidzul quran. Dia berharap program tahfidzul quran ini semakin di minati dan tekuni oleh semua santri. Karena dengan tahfidzul quran, santri telah membuka jalannya menuju perguruan tinggi yang di harapkan. “hampir semua perguruan tinggi negeri sekarang membuka jalur baesiswa tahfidzul quran” ucapnya. “Bukan hanya perguruan tinggi berlabel islam tapi juga perguruan tinggi umum. Seperti UI, UGM, UNAIR maupun UM” imbuhnya.

Selain pemaparan program dan pengenalan wali kelas untuk kelas X, acara rapat siang ini juga di sediakan waktu untuk Tanya jawab. Ada dua sesi Tanya jawab, yang masing-masing sesi mempersilahkan tiga wali santri untuk bertanya. Sampai acara rapat wali santri ini selesai, undangan sejumlah 236 yang tersebar, sebanyak 217 undangan yang hadir. Selanjutnya acara selesai dan di tutup dengan doa oleh Ustad Taufiq. Nampak di jejeran kursi undangan, Bapak Haryono, wali santri dari saudara Dzikri Dinikal Arsy, dari Sitobondo. (tm-qin).

KOMENTAR